JPNN.com

Giliran Banser Diserbu Hoaks

Selasa, 07 November 2017 – 21:12 WIB Giliran Banser Diserbu Hoaks - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Peristiwa penolakan ceramah Felix Siauw di Bangil pekan lalu kini terus dibumbui kabar palsu. Ormas Banser pun terus diserang hoaks.

Difitnah dan diadu domba dengan ormas lain, bahkan dengan TNI. Salah satu yang sedang ramai adalah hoaks mengenai Banser yang tampak makan bersama.

Foto itu banyak disebarkan dengan caption, ''Upah nasi bungkus setelah habis ngusir Ustad Felix Siauw''.

Salah satu penyebarnya adalah akun Facebook Balkie Al Afriki.

Dia mengunggah sebuah foto yang menggambarkan anggota Banser tengah duduk seperti bersiap akan makan bersama pada 4 November 2017.

Tanggal tersebut tepat ketika terjadi peristiwa penolakan ceramah Felix Siauw.

Ternyata foto itu 100 persen hoax. Yang tergambar dalam foto tersebut tidak berkaitan dengan penolakan Banser terhadap kegiatan Felix Siauw di Bangil.

Beberapa warga Nahdliyin lantas mengklarifikasi foto tersebut.

Ternyata foto itu diambil saat Kiai Bi'in Abdussalam, ketua PCNU Lamongan, bersama Banser dalam acara halaqah alim ulama dan istighotsah kubro.

Saat itu hadir pula Rais Am PB NU sekaligus Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma'ruf Amin di Desa Bulubrangsi, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan.

Hoaks mengenai penolakan Banser terhadap kegiatan Felix Siauw tidak sampai di situ.

Sebelumnya, Jawa Pos juga membongkar adanya artikel hoaks yang mencatut Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas.

Blog-blog clickbait yang punya agenda tertentu membuat artikel berjudul Ketua Banser: Jika FPI Tidak Setuju Pembubaran Pengajian Felix, Kami Tantang Kalian untuk Perang.

Dalam artikel tersebut, si pembuat hoax menyelipkan foto Gus Yaqut, panggilan Yaqut Cholil Qoumas.

Artikel itu dibuat sejumlah blog. Salah satunya, harapan-rakyat-indonesia.blogspot.com.

Setelah pernah ditulis koran ini pada edisi 6 November, seluruh konten blognya dihapus pengelola blog tersebut. (eko/gun/c14/fat/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...