Gita, Perempuan Cantik Berhati Mulia di Tengah Corona

Gita, Perempuan Cantik Berhati Mulia di Tengah Corona
Ariani Wulan Sagita, Tenaga Pendamping Profesional Desa Pro-P2KPM Kabupaten PPU (menggunakan pengeras suara ketika dalam mobil) untuk mengimbau masyarakat melakukan pencegahan penularan COVID-19. ANTARA/HO-Aspri

jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Suara dari Ariani Wulan Sagita makin sering terdengar oleh warga Giripurwa, Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur di tengah wabah virus corona.

Gita, panggilannya, merupakan Tenaga Pendamping Profesional Desa pada Program Pembangunan, Pemberdayaan Kelurahan dan Perdesaan Mandiri (Pro-P2KPM) Kabupaten PPU.

Dia memiliki tugas mulia, menjadi relawan pencegahan dini terhadap penularan corona dengan cara keliling ke desa-desa menggunakan pengeras suara.

Gita mendapat tugas pendampingan di Desa Giripurwa, Kecamatan Penajam. Pendamping Pro-P2KPM ini memiliki empat fungsi dalam menjalankan tugasnya, yakni sebagai fasilitator, kapasitor, motivator, dan fungsi koordinator.

"Dari Pemerintahan Desa Giripurwa mengimbau masyarakat agar dapat menghindari keramaian dan menjaga jarak dengan orang lain. Diharapkan warga tidak panik dan tidak mudah percaya dengan hoaks tentang corona," bunyi di antara penggalan imbauan yang disampaikan Gita.

Dalam mengeluarkan imbauan melalui pengeras suara itu, ada beberapa cara yang ia terapkan, pertama adalah berada dalam mobil ambulans desa, tetapi mobilnya yang bergerak, kedua adalah dengan cara jalan kaki ke pemukiman penduduk pada lokasi yang tidak mungkin dilalui oleh mobil.

Untuk mengumumkan kewaspadaan dini terhadap pencegahan penularan virus corona, dia tidak sendiri, tetapi bekerja dalam satu tim yang di dalamnya ada perangkat desa, Petugas Kesehatan Pusban setempat, Bintara Pembina Desa (Babinsa), serta Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas).

"Dalam mengumumkan imbauan ini kami tidak harus dalam mobil atau jalan kaki masuk ke gang-gang, tetapi terkadang juga berhenti di tempat-tempat tertentu yang menjadi lokasi berkumpulnya warga. Di sini mobil berhenti, kami ke luar mobil dan membawa pengeras suara, lantas mengajak warga meningkatakan kewaspadaan," ucap Gita.

Gita bersyukur keluarga kedua mempelai menyadari kewaspadaan dini dari penyebaran viruc corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News