GMC dan Milenial Bogor Refleksikan Semangat Sumpah Pemuda di Hari Lahir Ganjar

GMC dan Milenial Bogor Refleksikan Semangat Sumpah Pemuda di Hari Lahir Ganjar
Sukarelawan GMC melakukan peringatan hari lahir Ganjar Pranowo bersamaan dengan Sumpah Pemuda di Bogor. Dok: Ganjar Milenial Center.

jpnn.com, BOGOR - Sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) Jabodetabek dan para anak muda di Desa Sinarsari, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor merefleksikan semangat sumpah pemuda tepat di hari lahir Ganjar Pranowo pada Sabtu (28/10).

Dengan lantang, mereka mengikrarkan kembali sumpah pemuda untuk membakar rasa semangat patriotisme dan nasionalisme di dalam jiwa mereka.

Sumpah pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

"Hari ini ada tasyakuran memperingati hari ulang tahun Ganjar Pranowo. Selain tasyakuran, kami juga ada refleksi hari sumpah pemuda karena bertepatan dengan ulang tahun Ganjar," ujar Korwil GMC Jabodetabek, Edy Faturrahman.

Melalui ikrar sumpah pemuda, GMC ingin mengajak kaum milenial meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa.

Menurut dia, peran pemuda dan milenial sangat berpengaruh dalam perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia.

Edy pun mencontohkan peristiwa penculikan Soekarno-Hatta atau Peristiwa Rengasdengklok pada 16 Agustus 1945 yang digagas oleh para pemuda untuk mendesak dideklarasikannya proklamasi kemerdekaan.

Berkat andil kalangan pemuda saat itu Indonesia akhirnya dapat mencapai gerbang kemerdekaan dan terbebas dari segala bentuk penjajahan.

Sukarelawan GMC melakukan perayaan ulang tahun Ganjar Pranowo bersamaan dengan peringatan sumpah pemuda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News