Golkar Minta Pimpinan Sementara MPR Tak Utamakan Lobi

Golkar Minta Pimpinan Sementara MPR Tak Utamakan Lobi
Golkar Minta Pimpinan Sementara MPR Tak Utamakan Lobi

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Golkar di MPR RI, Kambe Kamarulzaman mengatakan, forum lobi yang saat ini jadi kecenderungan di parlemen Indonesia untuk mencari solusi tidak sepenuhnya efektif dalam menyelesaikan pertikaian politik.

Karena itu, Kambe mengusulkan agar setiap perbedaan pandangan yang muncul di paripurna sebaiknya dibahas dalam forum rapat gabungan atau konsultasi pimpinan.

"Faktanya, setiap hasil lobi pimpinan fraksi-fraksi selalu dimentahkan oleh anggota-anggota fraksi ketika hasil lobi kembali dibawa ke forum paripurna. Akhirnya sidang diskor kembali," kata Kambe Kamarulzaman, di sela-sela sidang paripurna MPR, di komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (7/10).

Selain tidak bisa dieksekusi lanjutnya, hasil lobi pimpinan fraksi-fraksi MPR juga rawan gugatan. "Apa saja hasil lobi politik rawan gugatan hukum nantinya. Beda dengan rapat gabungan atau konsultasi pimpinan karena dasar hukumnya ada," pungkas Kambe. (fas/jpnn)

JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Golkar di MPR RI, Kambe Kamarulzaman mengatakan, forum lobi yang saat ini jadi kecenderungan di parlemen Indonesia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News