Golkar Targetkan RUU Penjaminan UMKMK Tuntas 2015

Golkar Targetkan RUU Penjaminan UMKMK Tuntas 2015
Golkar Targetkan RUU Penjaminan UMKMK Tuntas 2015

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Fraksi Golkar, Ade Komarudin mengatakan, empat RUU inisiatif partainya masuk dalam prioritas Program Legislasi Nasional (Proglenas) DPR tahun 2015. Keempat RUU itu ialah Penjaminan UMKMK (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah serta Koperasi), Pertembakauan, Ketentuan Umum Perpajakan dan Bea Materai.

"Tapi untuk tahun 2015 ini, Fraksi Partai Golkar menargetkan RUU Penjaminan UMKMK harus disahkan jadi UU tahun ini juga. Sebab, seluruh fraksi di DPR dan DPD mendukung RUU tersebut," kata Ade Komarudin di Jakarta, Rabu (25/2).

Ade menambahkan, RUU Penjaminan UMKMK menyangkut kehidupan orang banyak di negeri ini. Menurut Ade, ada sekitar 57,9 juta pelaku UMKMK yang tersebar di seluruh Indonesia yang sulit berkembang karena tidak bisa mengakses bank untuk mendapatkan modal.

"Substansi dari RUU tersebut, negara harus menyediakan satu badan asuransi sebagai penjamin UMKMK saat berurusan dengan fasilitas kredit bank. Pelaku UMKMK akan dijamin oleh asuransi cukup dengan hanya memiliki polis asuransi sehingga UMKM layak memperoleh kredit bank," ungkap Ketua DPP Partai Golkar itu.

Ade mengungkapkan, penyediaan penjaminan kredit terhadap UMKMK merupakan cara yang paling efektif untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. "Kalau UMKMK bisa dibenahi dengan baik, maka kesejahteraan rakyat Indonesia akan lebih baik. Sebaliknya, kalau ini diabaikan, rakyat tidak akan pernah membaik kesejahteraannya. Sebab, perusahaan-perusahaan besar tidak signifikan menyerap tenaga kerja di Indonesia," tegas Ade. (fas/jpnn)

JAKARTA - Ketua Fraksi Golkar, Ade Komarudin mengatakan, empat RUU inisiatif partainya masuk dalam prioritas Program Legislasi Nasional (Proglenas)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News