Golput Capai 28 Persen

Denny JA Bangga Iklan Satu Putaran Terbukti

Golput Capai 28 Persen
Golput Capai 28 Persen
JAKARTA -- Direktur Eksekutif Lingkaran Survei Indonesia (LSI)Denny Januar Ali menyatakan bahwa iklan pilpres satu putaran terbukti kebenarannya. Iklan yang sempat menjadi polemik panjang itu dibuat berdasarkan survei yang matang. Ditegaskan, berdasarkan survei LSI, mayoritas masyarakat memang menghendaki pilpres satu putaran yakni mencapai 85,9 persen. Sedang yang menghendaki dua putaran hanya 7,1 persen. Sebanyak 7,1 persen respon tidak berpendapat alias abstain.

"Berdasar hasil survei itulah kami berani mendeklarasi bahwa pasangan SBY-Boediono bakal menang dan pilpres berlangsung satu putaran. Klaim ini bisa ditanggungjawabkan secara akademik karena akurasinya begitu tinggi," ujar Denny JA di Jakarta, Rabu (8/7).

Dalam kesempatan tersebut, dia membeberkan hasil quick count LSI dimana pasangan SBY-Boediono meraih 60,17 persen. Disusul Mega-Prabowo dengan 27,27 persen suara dan JK-Wiranto dengan 12,55 persen suara. Sedang pemilih yang memilih golput mencapai 28 persen. Quick count dilakukan dari data 2000 TPS yang tersebar di 33 provinsi dengan multi stage random sampling dan margin of error kurang lebih 1 persen. Pengiriman data ke server dilakukan melalui SMS.

Denny JA juga menganalisa mengenai faktor-faktor penyebab kemenangan SBY-Boediono. Antara lain, karena elektabilitas SBY-Boediono sudah cukup tinggi sebelum pilpres digelar. Sebelum 8 Juli, SBY-Boediono sudah didukung 63,1 persen responden. Mega-Prabowo didukung 16,4 persen responden dan JK-Win didukung 5,9 persen responden.

JAKARTA -- Direktur Eksekutif Lingkaran Survei Indonesia (LSI)Denny Januar Ali menyatakan bahwa iklan pilpres satu putaran terbukti kebenarannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News