Good News, Besok Istana Resmikan Tol Langit

Good News, Besok Istana Resmikan Tol Langit
Menkominfo Rudiantara peringatkan data bocor di Facebook. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ada kabar baik dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara soal Palapa Ring. Menurutnya, proyek yang kini dikenal dengan sebutan Tol Langit itu akan diresmikan pada Senin (14/10).

"Saya dapat undangan untuk peresmian peluncuran Palapa Ring, karena kan yang Timur, Agustus kemarin sudah selesai," ujar Rudiantara usai temu media dalam rangka Kick Off Piala Presiden Esport 2020 di Jakarta, Minggu (13/10).

Rudiantara menjelaskan, merujuk undangan dari Kementerian Sekretariat Negara, peresmian Palapa Ring akan digelar di Istana Negara pukul 10.00 WIB. Dalam peresmian itu akan ada telekonferensi untuk menjajal jaringan.

"Rencananya ada (telekonferensi) dari berbagai tempat, dari barat, dari timur, dari tengah," katanya.

Pembangunan Palapa Ring Timur telah selesai pada Agustus 2019. Saat ini, menurut Rudiantara, terdapat 18 perusahaan yang telah mengajukan permintaan uji coba.

Rudiantara menjelaskan, dua dari 18 perusahaan tengah melakukan uji coba jaringan, yakni Telkom dan Primacom. Masa uji coba berlaku selama tiga bulan hingga November mendatang.

“Palapa Ring itu seperti jalan tol-nya, backbone-nya. Nanti ada yang bangun aksesnya ya operator-operator. Ada juga penyelenggara jasa internet," ujar Rudiantara.(ANTARA/jpnn)

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengungkapkan, proyek Palapa Ring yang kini dikenal dengan sebutan Tol Langit akan diresmikan besok di Istana Kepresidenan.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News