JPNN.com

Google Mengakui Fitur Face Unlock Pixel 4 Mudah Dijebol

Jumat, 18 Oktober 2019 – 17:57 WIB Google Mengakui Fitur Face Unlock Pixel 4 Mudah Dijebol - JPNN.com
Google Pixel 4 series. Foto: cnet

jpnn.com - Google mengonfirmasi bahwa salah satu fitur keamanan face unlock di Pixel 4 bisa terbuka sendiri, meskipun pengguna sedang memejamkan mata.

Hal itu diketahui setelah seorang peneliti keamanan menemukan bahwa fitur face unlock di Pixel 4, memungkinkan orang lain bisa mengakses perangkat.

Sejatinya, teknologi face unclock seperti face ID yang ditawarkan Apple mengharuskan pengguna untuk menatap layar agar fitur itu dapat bekerja dengan baik. Hal itu diperlukan untuk mencegah orang lain membuka kunci layar dengan memindai wajah pengguna saat sedang tertidur.

Nyatanya, itu tidak berlaku untuk Pixel 4. Di mana, face unclock di perangkat yang baru saja dirilis ini masih dapat digunakan orang lain ketika pengguna memajamkan matanya. Artinya, dalam kondisi mata tertutup hp bisa terbuka dengan sendirinya.

Padahal sebelumnya, Google mengatakan bahwa perangkat itu sudah memenuhi persyaratan keamanan sebagi sebuah sensor biometrik.

Lemahnya sistem face unclock di Google Pixel 4 jelas mengkhawatirkan, pasalnya fitur ini dapat digunakan untuk membuka kunci layar dan mengotorisasi pembayaran.

"Jika seseorang bisa membuka kunci ponsel ketika saat Anda tidur, itu sangat bermasalah pada keamanan ponsel Anda," kata pakar keamanan cyber, Graham Cluley seperti dilansir BBC, Jumat (18/10).

Oleh karena itu, Google mengimbau para pengguna Pixel 4 agar bisa menjaga perangkat mereka dari serangan semacam itu. Tak hanya itu, seseorang dengan wajah yang sangat mirip dengan pengguna juga ternyata dapat membuka kunci layar tersebut. Bahkan, kunci layar akan terbuka begitu pengguna menatap layar Pixel 4, entah disengaja atau tidak.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...