Gorbachev Terima Liberty Medal

Gorbachev Terima Liberty Medal
Gorbachev Terima Liberty Medal
PHILADELPHIA – Mantan Presiden era Uni Soviet Mikhail Gorbachev diumumkan sebagai penerima anugerah penghargaan Liberty Medal tahun ini. Sebab, dia dianggap mempunyai peran penting mengakhiri Perang DIngin pada 1991. Saat itu, akhir dari Perang Dingin tersebut juga secara tak langsung mengakhiri Uni Soviet beserta dominasinya di dunia.

      Meskipun demikian, penghargaan itu tidak langsung diterima yang bersangkutan. Gorbachev baru akan menerimanya 18 September nanti di Constitution Center. Dan yang akan menyerahkan penghargaan tersebut adalah kolega lamanya, mantan Presiden AS era berakhirnya Uni Soviet, George H.W. Bush.

      Saat ini, Bush adalah ketua di Lembaga Constitution Center itu. Dan bersama mantan Presiden Bill Clinton, Bush juga menjadi penerima penghargaan tersebut. Sebab, melalui yayasan Bush-Clinton Katrina Fund, keduanya dianggap berhasil membantu para korban Badai Katrina.

      National Constitution Center mulai didirikan di Philadelphia sejak 1989. Dan setiap tahunnya, lembaga ini memberikan penghargaan kepada perseorangan maupun organisasi yang aktif melakukan tindakan yang sesuai dengan prinsip-prinsip Amerika Serikat (AS).

      Presiden Constitution Center Joseph M. Torsella menganggap Gorbachev memang pantas mendapatkan penghargaan itu. Sebab, saat itu, dia berani menelepon Bush untuk memberitahukan bahwa bendera Soviet telah sedikit diturunkan. Agaknya, saat itu, kata Torsella, ’’(Gorbachev) hanya ingin menenangkan sejawatnya itu, bahwa dia telah melakukan hal yang tepat.’’

       Dan sejak meninggalkan kursi pemerintahan, Gorbachev mendirikan yayasan nirlaba Green Cross International. Melalui yayasan ini, Gorbachev memperjuangkan pemberlakuan hukum ekologi secara global. Selain itu, kesibukan lain yang dilakukannya adalah sebagai pimpinan Gorbachev Foundation, yang banyak melakukan penelitian politik dan ekonomi. (AP/dia)

PHILADELPHIA – Mantan Presiden era Uni Soviet Mikhail Gorbachev diumumkan sebagai penerima anugerah penghargaan Liberty Medal tahun ini. Sebab,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News