Gorontalo Bangkitkan Pariwisata dengan Empat Festival Ini

Gorontalo Bangkitkan Pariwisata dengan Empat Festival Ini
Saronde, Pulau Eksotis dengan Hamparan Pasir Putih. Foto: Jawa Pos / JPNN

jpnn.com - MAKASSAR - Euforia pariwisata sedang mendera daerah-daerah. Mereka mulai melirik peluang emas di sektor yang selama ini diperlakukan sebagai kelas tempe dan "kotak" bagi pejabat yang dianggap tidak perform. 

"Percayalah! Pariwisata akan menjadi lokomotif ekonomi nasional ke depan," kata Menpar Arief Yahya memotivasi daerah untuk tidak tanggung-tamggung bergerak di sektor pariwisata. 

Orang hebat, selalu bisa melihat apa yang tak terlihat, dan wujudkan dengan cinta! Pariwisata di hampir semua daerah di Indonesia dianggap sektor yang tidak punya prospek. 

Itu terlihat dari minimnya sumber dana, dan tidak ditempatkan pimpinan yang terhebat. Tapi, dunia berubah, pariwisata menjadi prioritas, selain infrastruktur, maritim, pangan dan energi. 

"Kalau Alfin Tofler membagi revolusi hanya tiga, agruculture, manufacture dan Technologi informasi, sekarang sudah masuk fase baru: cultural industry atau creative industry," kata Arief Yahya. 

Pariwisata, menurut Arief Yahya, adalah bagian dari creative industry. Banyak daerah mulai melihat trend yang berubah seperti ini. Dan ini pertanda baik, seperti halnya Gorontalo. Provinsi di Timur Indonesia ini sedang bersamangat dan antusias mempersiapkan segala kegiatan untuk mengeksplorasi keindahan alam Gorontalo. 

”Kami akan bangkit dengan empat festival, kami akan promosikan daerah kami, banyak tempat indah di sini. Kami melihat pemerintah pusat sangat perduli dengan daerahnya,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Gorontalo, Jamal Nganro didampingi Kasi Promosi dan informasi Fahmi Ihsan di Makassar, Kamis (3/2).

Keempat festival yang akan digulirkan di Gorontalo tahun 2016, masing-masing Pesona Festival Otanaha dan Pesona Festival Danau Limboto, Pesona Festival Saronde dan Festival Pesona Boalemo. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News