Gowes Pesona Nusantara Akhirnya Sambangi Palopo

Gowes Pesona Nusantara Akhirnya Sambangi Palopo
Pemangku adat Palopo dengan tanah air yang diserahkan. Foto: Istimewa

jpnn.com, PALOPO - Upaya Kemenpora untuk menggelorakan semangat berolahraga masyarakat Indonesia terus dibakar dengan kegiatan Gowes Pesona Nusantara 2017.

Kali ini, giliran kota Palopo, Sulawesi Selatan, yang mendapatkan kesempatan menggelar program unggulan kementerian yang dinakhodai Menpora Imam Nahrawi tersebut pada Minggu (20/8).

Sebelum menggelar acara inti Gowes, ritual khusus dilakukan dalam pengambilan tanah dan air dari setiap wilayah tuan rumah Gowes Pesona Nusantara 2017.

Prosesi pengambilan tanah dan air ini terasa sangat sakral karena dilakukan dengan melibatkan para pemangku adat dan dilaksanakan dengan budaya Palopo.

Pengambilan tanah sendiri di lakukan di lokasi pelantikan Maharaja, yang berada di depan kantor Wali Kota Palopo.

Sementara untuk air, berasal dari Cerekang yang dalam bahasa setempat berarti lokasi turunnya raja pertama di Palopo dan juga dipercaya sebagai lokasi air pertama di sana.

"Sebelum ambil tanah dan air ini kita ada persiapan, ada makanan, ada sirih telur buat sesajian untuk minta izin atau mappongolo lise arajang dalam bahas bugis yang artinya kurang lebih mempersembahkan kepada raja terdahulu," jelas Opu Baso Lolo selaku dewan adat yang juga menjaga Istana Luwu.

"Nanti tanahnya di ambil di Salekoe atau tempat pelantikan pajung luwu atau maharaja, karena itu tanah yang paling tinggi derajatnya," sambungnya.

Upaya Kemenpora untuk menggelorakan semangat berolahraga masyarakat Indonesia terus dibakar dengan kegiatan Gowes Pesona Nusantara 2017.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News