GP Ansor dan Tokoh Dunia Cetuskan Seruan Nusantara

GP Ansor dan Tokoh Dunia Cetuskan Seruan Nusantara
Beberapa tokoh memberikan keterangan terkait tujuan pelaksanaan 2nd Global Unity Forum di Yogyakarta. Foto: GP Ansor

jpnn.com, JOGJA - Sejumlah tokoh lintas agama dari berbagai dunia dan Gerakan Pemuda (GP) Ansor mengajak masyarakat internasional untuk bersungguh-sungguh mewujudkan perdamaian global.

Ajakan tersebut dikuatkan melalui Seruan Nusantara yang tercetus di Kota Yogyakarta, Jumat (26/10).

Seruan Nusantara tersebut merupakan muara dari 2nd Global Unity Forum (GUF) yang digelar Pimpinan Pusat GP Ansor.

Acara yang digelar selama dua hari mulai Kamis (25/10) hingga Jumat  (26/10) tersebut berlangsung di Hotel Marriot, Sleman, DI Yogyakarta.

Ansor dan para tokoh agama juga meminta berbagai pihak tak memanfaatkan agama sebagai senjata politik.

Sekjen GP Ansor Abdul Rochman  mengatakan, Seruan Nusantara mengajak semua pihak untuk bergabung bersama membangun konsensus global dalam mencegah dijadikannya Islam sebagai senjata politik baik oleh muslim maupun nonmuslim dan memupus maraknya kebencian komunal.

“Ansor juga mengajak mewujudkan tata dunia yang sungguh-sungguh adil dan harmonis yang ditegakkan di atas dasar penghormatan terhadap kesetaraan hak dan martabat bagi setiap manusia,” terang Abdul, Sabtu (28/10).

Pengukuhan Seruan Nusantara ini lantaran ada sebagian kecil kelompok yang ingin mengubah konsensus negara Indonsia yaitu Pancasila, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika dan UUD 1945. 

Sejumlah tokoh lintas agama dari berbagai dunia dan GP Ansor mengajak masyarakat internasional untuk bersungguh-sungguh mewujudkan perdamaian global.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News