GP Takalar Kenalkan Barobbo, Kuliner Khas Sulsel yang Berpotensi jadi Ide Usaha

GP Takalar Kenalkan Barobbo, Kuliner Khas Sulsel yang Berpotensi jadi Ide Usaha
Sukarelawan GP Takalar mengajarkan masakan tradisional kepada ibu-ibu. Dok: GP Takalar.

jpnn.com, TAKALAR - Sukarelawan Gerakan Panrannuangku (GP) Takalar mengedukasi kaum ibu untuk membuka usaha berbasis rumahan demi mendorong kemandirian ekonomi masyarakat.

Kelompok pendukung Ganjar Pranowo itu melakukan pendekatan kepada masyarakat melalui pelatihan membuat masakan barobbo di Solonga, Kelurahan Panrannuangku, Kecamatan Polombangkeng Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Jumat (16/6).

Barobbo merupakan kuliner tradisional dari Sulsel yang berbahan dasar jagung yang dicampur beras, berbagai macam sayuran seperti kangkung, dan kacang panjang, hingga ayam, udang, daging maupun ikan membuat santapan bubur ini begitu diminati masyarakat.

Koordinator GP Takalar Amir Irwan mengatakan dengan adanya pelatihan ini, masyarakat lebih mengenal ragam masakan tradisional Sulawesi Selatan khususnya Kabupaten Takalar.

"Barobbo itu masakan tradisional Kabupaten Takalar yang terbuat dari jagung, sayur-sayuran dan udang. Selain disajikan pada acara-acara keluarga, bisa juga menambah perekonomian rakyat di Kabupaten Takalar," kata Amir dalam siaran persnya.

Amir berharap pelatihan ini mampu menggugah masyarakat untuk lebih memperkenalkan masakan-masakan tradisional Sulawesi Selatan secara global dengan cara berwirausaha.

Menurut dia, barobbo memiliki peminat yang cukup banyak di Sulawesi Selatan dan dapat menjadi peluang usaha sehingga masyarakat mampu mandiri secara ekonomi.

Selain mudah dibuat, modal yang dikeluarkan pun tidak terlalu banyak. Sebab, bahan baku barobbo yakni jagung sangat mudah didapat lantaran Sulawesi Selatan dikenal sebagai salah satu sentra produksi jagung nasional.

Sukarelawan Ganjar Pranowo yang menamakan diri GP Takalar memperkenalkan makanan barobbo, kuliner khas Sulsel.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News