Grace PSI Berpeluang Lolos dari Dapil DKI 3

Grace PSI Berpeluang Lolos dari Dapil DKI 3
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie. Foto: dokumen Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Survei terbaru Y-Publica memperlihatan bahwa Dapil DKI Jakarta 3 menjadi arena pertarungan nama-nama besar. Mereka di antaranya Yusril Ihza Mahendra dari PBB, Charles Honoris PDIP dan Grace Natalie PSI.

Direktur Eksekutif Y-Publica, Rudi Hartono mengatakan, Grace Natalie memiliki posisi kuat di masyarakat karena cukup dikenal dan disukai. 

“Walaupun baru pertama kali jadi caleg, Grace berhasil memperkenalkan diri dengan baik terbukti dengan elektabilitasnya yang mencapai 5,4 persen. Bersaing dengan nama nama besar seperti Yusril dan Charles Honoris,” katanya di Jakarta, Senin (18/2).

Untuk diketahui, elektabilitas para caleg di Dapil DKI 3 adalah; Yusril Ihza Mahendra 10,9 persen, Lulung AL 9,5 persen, Charles Honoris 8,1 persen, Darmadi Durianto 7,3 persen, Adang Daradjatun 6 persen, dan Grace Natalie 5,4 persen. Sementara, jumlah kursi yang diperebutkan di dapil ini ada delapan. 

Kemudian Saraswati Djojohadikusumo 4,5 persen, Ahmad Sahroni 3,4 persen, Effendi M Simbolon 2,8 persen, Andi Rukman Nurdin 2,4 persen, Pulung Agustanto 2,1 persen dan Sony Kusumo 1,8 persen.

Dalam survei ini, jumlah responden masing-masing daerah pemilihan atau dapil sebanyak 800 orang yang mewakili setiap kecamatan. Rudi menekankan seperti dapil DKI I mencakup Jakarta Timur, DKI II mencakup Jakarta Pusat dan Selatan, dan DKI III mencakup Jakarta Barat dan Utara.

Dalam survei ini, sampel dipilih secara acak bertingkat atau multistage random sampling dengan margin of error 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Rudi menjelaskan, pihaknya sudah lima kali melakukan survei Mei 2018 sampai Januari 2019. (dil/jpnn)


Survei terbaru Y-Publica memperlihatan bahwa Dapil DKI Jakarta 3 menjadi arena pertarungan nama-nama besar. Namun, pendatang baru, Grace PSI, punya peluang lolos.


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News