Grafik Perjalanan Kereta Direvisi

Grafik Perjalanan Kereta Direvisi
Grafik Perjalanan Kereta Direvisi
JAKARTA - Penambahan jumlah sarana dan prasara kereta api dalam dua tahun terakhir membuat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terpaksa mengganti Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) yang dibuat tahun 2011. Gapeka inilah yang mengatur semua perjalanan kereta api di Indonesia.

"Pembaharuan itu dilakukan seiring perubahan kualitas, kuantitas prasarana dan sarana kereta api, serta untuk meningkatkan keselamatan dan kelancaran operasi kereta api di Wilayah Jawa dan Sumatera," ujar Dirjen Perkeretaapian, Tundjung Inderawan Senin (4/3).

Alasan itulah yang mendasari pemerintah dan PT Kereta Api (PT KA) mengganti Gapeka 2011 dengan Gapeka 2013.  Tundjung mengungkapkan, di dalam Gapeka 2013 tersebut terjadi beberapa perubahan yang antara lain, untuk wilayah Jabotabek telah dapat dioperasikan jalur ganda Serpong-Parungpanjang termasuk elektrifikasi Parungpanjang-Maja.

"Dengan demikian KRL (Kereta Rel Listrik) sudah dapat dioperasikan hingga ke Maja, walaupun Parungpanjang-Maja masih single track," tandasnya.

JAKARTA - Penambahan jumlah sarana dan prasara kereta api dalam dua tahun terakhir membuat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terpaksa mengganti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News