Greenpeace Bantah Apresiasi Pertamina di World Cleanup Day

Greenpeace Bantah Apresiasi Pertamina di World Cleanup Day
Rainbow Warrior saat kampanye soal hutan. Foto: greenpeace

jpnn.com, JAKARTA - Greenpeace Indonesia menyatakan bahwa mereka tidak pernah memberikan pernyataan apresiasi kepada Pertamina terkait kegiatan bersih-bersih sampah dalam peringatan World Cleanup Day yang diselenggarakan perusahaan plat merah itu beberapa waktu lalu, seperti yang diberitakan JPNN.com, Kamis (20/9).

Melalui surat elektroniknya, Media Campaigner Greenpeace Southeast Asia-Indonesia Ester Meryana mengatakan juru kampanye Muharram Atha Rasyadi dalam melakukan wawancara tidak menyebutkan apresiasi terhadap perusahaan Pertamina. (Berikut artikel wawancara yang dimaksud)

"Adapun konten wawancara yang ditekankan oleh juru kampanye kami adalah kegiatan bersih-bersih yang dilakukan oleh banyak pihak, seperti pemerintah dan swasta, dalam rangka memeringati World Cleanup Day tidaklah menyelesaikan pokok permasalahan yakni semakin menumpuknya sampah plastik baik di darat maupun laut," ungkap Ester.

Satu-satunya cara seperti yang mereka muat dalam siaran resmi, di mana itu juga menjadi pandangan Greenpeace secara global juga bersama dengan mitra-mitra dari Gerakan Break Free From Plastic adalah mendorong produsen atau perusahaan untuk mengubah kemasannya dengan tidak menggunakan plastik sekali pakai.

"Dengan kata lain, produsen adalah pihak yang paling bertanggung jawab terhadap kondisi sampah plastik yang kian pelik saat ini," kata Ester.

Lebih lanjut Ester menegaskan, apresiasi terhadap Pertamina tidak mungkin Greenpeace lakukan mengingat kejadian tumpahan minyak di Balikpapan, Kalimantan, pada beberapa bulan lalu.

"Itu dampaknya terhadap ekosistem laut dan lingkungan sekitar sangat fatal, seperti yang bisa dilihat pada dokumentasi kami di bawah," sambungnya.

"Juru kampanye kami tidak pernah menyebutkan apresiasi terhadap perusahaan apa pun yang melakukan aksi bersih-bersih. Karena aksi tersebut bukanlah tujuan utama kampanye kami," pungkas Ester. (mg8/jpnn)


Greenpeace Indonesia membantah bahwa mereka memberikan pernyataan apresiasi kepada Pertamina terkait kegiatan bersih-bersih sampah memeringati World Cleanup Day


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News