Aksi Bersih Sampah Harus Munculkan Kesadaran Masyarakat

Aksi Bersih Sampah Harus Munculkan Kesadaran Masyarakat
Aksi bersih-bersih sampah pada World Cleanup Day. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Juru Kampanye Urban Greenpeace Indonesia Muharram Atha Rasyadi memberi apresiasi kepada Pertamina, terkait aksi bersih-bersih sampah yang dilakukan dalam World Cleanup Day pekan lalu.

Melalui kegiatan tersebut, Atha berharap bisa meningkatkan awareness kepada masyarakat luas. Karena hanya dengan kesadaran, maka persoalan sampah bisa teratasi.

“Jadi kita apresiasi kepada semua pihak, termasuk perusahaan dan berbagai komunitas,” kata Atha di Jakarta, Kamis (20/9).

Menurut Atha, aksi bersih-bersih sampah yang dilakukan berbagai elemen akhir pekan lalu merupakan bagian dari aksi global yang dilakukan di seluruh negara di dunia.

Kegiatan itu sangat penting, karena realitanya, saat ini wilayah pesisir, sungai dan perkotaan sudah tercemari sampah, terutama sampah plastik. Meski banyak pihak melakukan pada tanggal 15 September, Atha berharap bahwa kegiatan ini bisa dilakukan selama satu bulan dan menjadikan September sebagai bulan cleanup.

Akhir pekan lalu, seluruh aktivis, relawan dan berbagai pihak yang peduli lingkungan melakukan aksi bersih-bersih memungut sampah. Aksi dilakukan terkait World Cleanup Day yang merupakan aksi sosial global dengan tujuan memerangi masalah sampah global.

Pertamina misalnya, melakukan aksi tersebut di berbagai wilayah di Indonesia antara lain di Indramayu serta Karimunjawa. Di Indramayu, di antaranya BUMN tersebut menggalang seribu pelajar dan warga untuk turut berpartisipasi membersihkan Kali Prajagumiwang dan Kali Cimanuk Lama.

Sedangkan di Karimunjawa, kegiatan dilakukan di Pantai Nyamplung Ragas. Tidak hanya membersihkan sampah, BUMN itu juga menggelar workshop bagi masyarakat dan pelajar terkait pengelolaan sampah. (mg8/jpnn)


Juru Kampanye Urban Greenpeace Indonesia Muharram A Rasyadi mengapresiasi pihak Pertamina, terkait aksi bersih sampah yang dilakukan dalam World Cleanup day.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News