Greenpeace Duduki Pelabuhan PT IKPP

Greenpeace Duduki Pelabuhan PT IKPP
Foto : Said/Riau Pos/JPNN
PERAWANG - Belasan aktivitis LSM internasional Greenpeace kembali melakukan aksi protes terhadap kegiatan perusahaan yang mengakibatkan kerusakan lingkungan hidup di Riau. Rabu (25/11) mereka beraksi dengan mendatangi pelabuhan milik PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) di Perawang. Mereka masuk dengan cara memanjat krane (Alat bongkar muat peti kemas) sehingga aktivitas pelabuhan lumpuh total.

Aktivis Greenpeace mendatangi pelabuhan pabrik pulp and paper yang berjarak sekira dua kilometer dari fery penyeberangan Perawang dengan menggunakan kapal dari Pekanbaru. Setibanya di pelabuhan, para aktivis langsung beraksi dengan memanjat empat unit krane yang ada di Pelabuhan IKPP. Belasan aktivis

Para aktifis Greenpeace mengelompokkan diri menjadi empat tim. Satu krane dinaiki aktivis sebanyak empat orang dengan cara memanjat pakai tali selanjutnya bergantungan. Diduga aksi mereka menyusup ke dalam pelabuhan diam-diam, ini dibuktikan tidak berdayanya satuan pengaman pelabuhan menghalangi aksi mereka.

Setelah berhasil memanjat krane dengen ketinggian lebih 30 meter dari permukaan sungai, mereka bergantungan dan membentangkan spanduk yang bertuliskan hentikan kejahatan lingkungan. Tentu saja aksi ini menyita perhatian karyawan PT IKPP dan masyarakat yang melintas di pelabuhan,akibat aksi nekad ini aktifitas pelabuhan IKPP praktis lumpuh total.

Untuk mengendalikan situasi sejumlah aparat Keamanan perusahaan. Pihak kepolisian dari Polres Siak, Polsek Tualang, Satpol PP yang mendapatkan laporan langsung terjun ke lokasi. Namun aksi aktivis ini tidak berlangsung lama, berdasarkan informasi yang dirangkum dilapangan belasan aktivis diamankan jajaran kepolisian dan diangkut menggunakan bus dari Perawang ke Mapolda Riau Pekanbaru.

PERAWANG - Belasan aktivitis LSM internasional Greenpeace kembali melakukan aksi protes terhadap kegiatan perusahaan yang mengakibatkan kerusakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News