Grup Maspion Investasi USD 15 juta

Untuk Bangun Dermaga Industri

Grup Maspion Investasi USD 15 juta
Grup Maspion Investasi USD 15 juta
SURABAYA – Demand atas keberadaan jetty atau dermaga yang menjorok ke laut untuk aktifitas industri di wilayah Maspion Unit V terus meningkat. Atas hal itu pula, Grup Maspion tak ragu berinvestasi sebesar USD 15 juta demi membangun infrastruktur di kawasan Industri Maspion (KIM) Unit V, Manyar Sidomukti-Gresik tersebut.

Dana tersebut bakal diperuntukkan untuk pembangunan jetty tongkang dan jetty curah. Diharapkan pembangunan kedua jetty tersebut akan menambah fasilitas terminal tongkang. Sebab, selama ini juga telah beroperasi satu terminal tongkang yang mampu melayani dua unit kapal tongkang setiap harinya. Managing Director Grup Maspion Alim Satria, menyatakan bahwa proyek tersebut masih dalam tahap awal. ’’Saat ini kami tengah mengurus perijinannya,’’kata Satria Senin (15/9). Meski begitu, dia mengungkapkan bahwa demand atas keberadaan kedua terminal tersebut terus berdatangan.

Di antaranya, salah satu pabrikan pupuk urea yang bakal memanfaatkan jetty tersebut selama 300 hari setiap tahunnya. Menurut Satria, itu untuk mengangkut produknya ke perkebunan kelapa sawit di Malaysia dan beberapa wilayah lainnya. Selain itu, pria yang juga menjabat executive managing director PT Alumindo Light Metal Industry Tbk itu juga mengaku telah menerima permintaan dari salah satu produsen pakan ternak dan perusahaan produsen sabun untuk mengangkut crude palm oil (CPO) yang mereka butuhkan. “Kedua jetty itu akan dapat dijadikan sebagai tempat sandar untuk kapal tongkang 12 feet,” kata Satria.

Jetty tersebut sengaja ditempatkan pada lokai yang agak jauh dengan pabrik-pabrik yang beroperasi di KIM Unit V Gresik. ’’Jaraknya dengan pabrik-pabrik lainnya mencapai 400 meter. Itu demi keamananan dan menjaga bahaya kebakaran,” jelas Alim.

SURABAYA – Demand atas keberadaan jetty atau dermaga yang menjorok ke laut untuk aktifitas industri di wilayah Maspion Unit V terus meningkat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News