Gubernur Ingin Pangan Lokal Ini Kembali Diprioritaskan di Meja Makan Masyarakat Riau

Gubernur Ingin Pangan Lokal Ini Kembali Diprioritaskan di Meja Makan Masyarakat Riau
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Foto: riaupos.co/JPNN

jpnn.com, RIAU - Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau menggelar “Gerakan Aku Cinta Sagu” dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-72 dan Hari Jadi Provinsi Riau ke-60.

Gerakan dilaksanakan di Balai Pelangi Kediaman Gubernur Riau, bersamaan dengan penyelenggaraan Lomba Cipta Menu (LCM) Tingkat Provinsi Riau yang dimenangkan TP PKK Kabupaten Indragiri Hilir.

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Provinsi Riau Sisilita Arsyadjuliandi mewajibkan peserta LCM yang terdiri dari ibu-ibu PKK dari seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau agar memakai sagu sebagai pangan lokal Riau untuk bahan baku masakan yang dilombakan.

Gerakan ini dihadiri ratusan siswa-siswi sekolah, ibu-ibu anggota PKK, Persit, Bhayangkari dan seluruh organisasi wanita se-Provinsi Riau. Untuk mengajak masyarakat Riau agar mengkonsumsi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman.

"Melalui gerakan ini, diharapkan masyarakat Riau dapat lebih mengenal sagu sebagai potensi daerah dan warisan budaya pangan lokal Riau, sehingga sagu akan lebih diprioritaskan lagi sebagai bahan pangan yang tersaji di meja makan seluruh masyarakat Riau," ujar Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dalam sambutannya.

Menurut Arsyad, Gerakan Aku Cinta Sagu sangat strategis dilakukan seiring makin banyaknya serbuan aneka jajanan modern yang digandrungi generasi muda.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala Pusat Konsumsi dan Penganekaragaman Komsumsi Pangan Tri Agustin Satriani mengatakan, upaya percepatan diversifikasi konsumsi pangan sangat penting dilaksanakan. Karena pola konsumsi pangan penduduk Indonesia masih kurang beragam dan bergizi seimbang.

Tri menyampaikan hal tersebut sebagaimana sambutan tertulis Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian.

Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau menggelar “Gerakan Aku Cinta Sagu”

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News