Gubernur Mahyeldi Menyiapkan ASN Sumbar Menjadi Komponen Cadangan

Gubernur Mahyeldi Menyiapkan ASN Sumbar Menjadi Komponen Cadangan
Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah (ANTARA/ Akmal Saputra)

jpnn.com, PAYAKUMBUAH - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah akan mempersiapkan seluruh aparatur sipil negara (ASN) Sumbar agar dapat menjadi komponen cadangan (komcad) untuk bela negara. 

Menurut Gubernur Mahyeldi, ketika negara membutuhkan seluruh ASN untuk bela negara, maka Sumbar sudah siap. 

"Jadi, ASN ini akan kami persiapkan, sehingga ketika negara membutuhkan seluruh ASN, kita (Sumbar) siap untuk itu," kata Gubernur Mahyeldi sesuai membuka sosialisasi kesadaran bela negara dalam rangka peringatan Hari Bela Negara Ke-73 di Payakumbuh, Sumbar, Sabtu (18/12). 

Dia menjelaskan bahwa ASN Sebagai tenaga cadangan bela negara pernah dilakukannya saat menjabat sebagai wali kota Padang. 

Menurut dia, sebelumnya itu hanya untuk eselon III. 

Namun, lanjut dia, nantinya seluruh pejabat eselon, baik eselon II, III ataupun IV akan dipersiapkan sebagai tenaga cadangan untuk bela negara.

“Tentu kami akan bekerja sama dengan TNI dan Polri,” kata Gubernur Mahyeldi

Adapun hal-hal yang akan dilatih atau diperkuat dari ASN, antara lain, kedisiplinan, wawasan kebangsaan, semangat bela negara dan cinta tanah air. Dia berharap para ASN ini nantinya dapat menjadi contoh bagi masyarakat di lingkungan masing-masing. 

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah akan mempersiapkan seluruh aparatur sipil negara (ASN) Sumbar agar dapat menjadi komponen cadangan (komcad) untuk bela negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News