Gubernur Riau Dukung Alih Kelola Blok Rokan dari Chevron ke Pertamina

Gubernur Riau Dukung Alih Kelola Blok Rokan dari Chevron ke Pertamina
Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) - Regional Sumatra Jaffee Arizon Suardin memastikan proses transisi berjalan lancar dan Pemprov Riau mendukung proses peralihan pengelolaan Blok Rokan ke Pertamina. Foto: Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) - Regional Sumatra Jaffee Arizon Suardin memastikan proses transisi berjalan lancar dan Pemprov Riau mendukung proses peralihan pengelolaan Blok Rokan ke Pertamina.

Proses itu pun ditinjau Jaffee melalui kunjungan kerja ke Gubernur Riau Syamsuar.

Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan Pemprov Riau siap mendukung proses peralihan Blok Rokan dari Chevron ke Pertamina.

Dia mengatakan pengelolaan oleh Pertamina diharapkan memberikan kontribusi yang semakin signifikan untuk pemenuhan kebutuhan energi nasional.

“Kami berharap setelah proses transisi selesai, dan Blok Rokan dikelola Pertamina, maka hak pemerintah daerah untuk mengelola PI sebesar 10 persen juga bisa berjalan. Kami sudah menyiapkan BUMD untuk berpartisipasi dalam pengelolaan PI ini,” tutur Syamsuar.

Lebih lanjut Syamsuar menjelaskan setelah melalui proses penawaran dan evaluasi kepada seluruh BUMD yang berada di Provinsi Riau, akhirnya terpilih dua BUMD yang memenuhi kriteria untuk berpartisipasi dalam PI ini, yaitu PT Riau Petroleum dan PT Bumi Siak Pusako (BSP).

Selain itu, Syamsuar juga berharap agar PHR bisa memberdayakan BUMD, kontraktor lokal dan tenaga kerja lokal untuk kegiatan penunjang operasional Blok Rokan.

“Tidak kalah penting adalah status dari eks pekerja CPI beserta subkontraktornya. Hak-hak dari pekerja harus menjadi perhatian Pertamina,” ujar Syamsuar.

Gubernur Riau mendukung alih kelola Blok Rokan kepada Pertamina, simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News