Gubernur Sulut Berharap Hubungan dengan AS Semakin Erat

Gubernur Sulut Berharap Hubungan dengan AS Semakin Erat
Gubernur Sulut Olly Dondokambey. Foto: dok jpnn

jpnn.com - jpnn.com - Gubernur Olly Dondokambey menyampaikan rasa syukurnya hubungan kerja pemerintah Amerika Serikat dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara hingga kini berjalan dengan baik.

Hubungan yang menurutnya bernilai konstruktif itu terjalin di berbagai bidang mulai dari pembangunan, pendidikan, dan pertahanan.

"Selama ini Pemerintah Amerika Serikat telah mampu mengaktualisasikan berbagai program kerja di Sulawesi Utara," kata Gubernur Olly dalam resepsi penyambutan Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr di rumah dinas Konsulat Jenderal Amerika Serikat, Surabaya, Jawa Timur, kemarin.

Hadir dalam acara tersebut Konsulat Jenderal AS Heather Variava, Wagub Jatim Saifullah Yusuf, Wali Kota Manado Vicky Lumentut, Wali Kota Makassar M Ramadhan Pomanto, pejabat sipil TNI, Polri dan tokoh agama/masyarakat serta undangan lainnya.

Disampaikan Olly, Dubes Joseph Donovan akan bertugas di Indonesia dalam tiga tahun mendatang. Sejalan dengan itu pula, ia berharap jalinan kerja sama AS dengan Pemprov Sulut akan semakin erat ke depan.

Beberapa kegiatan bersama antara AS dengan Pemprov Sulut, antara lain pelaksanaan Corral Triangle Initiative, Wild Trafficking Program dengan kepolisian dan Yayasan Masarang, NOAA Maritime Research Ship, pelaksanaan Independence Day 2013 di Manado dan USNS Mercy Ship dan Bantuan Kapal Patroli untuk Pol Air untuk menjaga perbatasan.

"Kami pun berharap agar ke depan bersama-sama dengan duta besar Amerika Serikat yang baru, kita dapat terus mengupayakan kerja sama yang lebih baik lagi," jelas Olly.

Baik bidang pariwisata, lingkungan, perdagangan, maritim, pendidikan, pertahanan, yang substansi dan urgensinya ditekankan dia sangat dibutuhkan bagi progres pembangunan di Sulawesi Utara.

 Gubernur Olly Dondokambey menyampaikan rasa syukurnya hubungan kerja pemerintah Amerika Serikat dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara hingga

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News