Gubernur Sumsel Apresiasi Kerja Cepat Anak Buah SYL dalam Menjaga Stok Pangan

Gubernur Sumsel Apresiasi Kerja Cepat Anak Buah SYL dalam Menjaga Stok Pangan
Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru (tengah) bersama jajaran Kementan. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, PALEMBANG - Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) melakukan pengawalan dan monitoring terhadap ketersediaan sekaligus harga pangan pokok di Sumatera Selatan (Sumsel).

Selain itu, BPPSDMP mengadakan gelar pangan murah menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idulfitri 1443 Hijriah.

Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru mengapresiasi kerja cepat Kementan yang terus menjaga stabilitas harga dan ketersediaan stok 12 bahan pangan pokok di wilayah Provinsi Sumsel.

“Kegiatan ini sebagai tindakan antisipasi terhadap kenaikan harga yang merupakan kerjasama antara Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan dengan Kementerian Pertanian. Diharapkan kegiatan ini dapat membantu meringankan beban biaya belanja yang harus dikeluarkan oleh masyarakat dengan harga yang normal sebagaimana hari-hari biasanya,” kata Herman Deru.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumsel Ruzuan Effendi dalam kesempatan terpisah menyampaikan bahwa dari hasil pemantauan pemprov di 17 kabupaten/kota, untuk stok dari 12 bahan pangan pokok cukup, ketersediaan juga cukup untuk memenuhi kebutuhan di Sumsel dan harga pun cukup stabil.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan ketersedian stok pangan mencukupi jelang Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah. Namun, dia mengakui dinamika harga pasti terjadi.

“Dinamika harga pasti ada. Tapi secara umum dari 12 komoditas itu dari data, validasinya, kemudian faktualisasi di lapangan, semua pejabat ada di lapangan sekarang, dan sesuai apa yang dilaporkan situasinya ada cukup,” ujar SYL -sapaan Syahrul Yasin Limpo- beberapa waktu lalu.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nusyamsi menyampaikan bahwa jaminan ketersedian pangan merupakan salah satu pilar yang menjadi fokus perhatian Kementan.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengapresiasi kerja cepat anak buah Syahrul Yasin Limpo (SYL) menjaga stabilitas harga dan ketersediaan stok 12 pangan pokok.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News