Gubernur Usul Jalan Alternatif Menuju Danau Toba

Gubernur Usul Jalan Alternatif Menuju Danau Toba
Danau Toba. Foto: dok.Metro Siantar/JPNN

jpnn.com - MEDAN - Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi berharap tujuh pemda di sekitar kawasan Danau Toba akan ikut mendukung upaya pemerintah pusat, yang melibatkan lima kementerian, dalam mengembangkan kawasan wisata andalan Sumut itu. Tujuh pemda dimaksud yakni kabupaten Humbahas, Tobasa, Karo, Taput, Samosir, Simalungun dan Dairi.

"Pemerintah daerah harus melakukan action, terutama dalam melakukan penertiban keramba-keramba yang ada di lingkungan Danau Toba, sebagai komitmennya mendukung program pusat mewujudkan destinasi wisata Danau Toba," minta Erry.

Erry memberi masukan kepada pemerintah pusat, adanya jalan alternatif yang lebih singkat menuju Danau Toba. Jalan tersebut melalui Jalan Rawasering, yakni Tanjung Morawa, Dolok Seribu, Tongging yang hanya 94 kilometer sampai Danau Toba. Akses Jalan Rawasering diyakini bakal menjadi jalan alternatif yang lebih cepat aksenya menuju pinggiran Danau Toba.

"Pemerintah Provinsi siap memfasilitasi Pusat dalam pembebasan lahan demi kepentingan negara khususnya banyak orang. Kita yakin masyarakat akan mendukungnya," ujar Erry.

Begitu juga dengan Pj Bupati Humbahas, Bukit Tambunan ketika dihubungi Minggu (10/1) mengatakan kalau pihaknya juga mendukung sepenuhnya pembenahan kawasan Danau Toba.

Dikatakan Bukit untuk pembangunan kawasan Danau Toba akan dilakukan secara terpadu antara pemerintah pusat, Pemprov Sumut, juga pemkab/pemko.

Untuk kawasan Tapteng, sebut dia, akan dilakukan pembenahan infrastruktur, di mana akan dipadukan jalur lintas dari laut dan danau. “Pertama kita meminta agar status jalan dari perbatasan Humbahas ke perbatasan Tapteng itu yang statusnya jalan provinsi sebaiknya ditingkatkan menjadi jalan nasional. Jaraknya berkisar 70 Km, sarana jalan ini juga harus diperbaiki,” ujar Bukit.

Selain itu, Bukit juga mengatakan di kawasan Tapteng juga sebaiknya dibangun resort atau hotel untuk mendukung wisata Danau Toba.

MEDAN - Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi berharap tujuh pemda di sekitar kawasan Danau Toba akan ikut mendukung upaya pemerintah pusat, yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News