JPNN.com

Gunakan Real Count, Asyik Mengaku Ungguli Emil-Uu

Kamis, 28 Juni 2018 – 12:59 WIB Gunakan Real Count, Asyik Mengaku Ungguli Emil-Uu - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tim pemenangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu menyodorkan data untuk memperkuat klaim kemenangan pasangan yang beken dengan sebutan Asyik itu pada Pemilihan Gubernur Jawa barat (Pilgub Jabar).

Berbeda dari hasil hitung cepat atau quick count Pilgub Jabar yang menempatkan Ridwan Kamil-Uu Ruhzanul Ulum (Emil-Uu) sebagai pemenang, real count versi tim Asyik menunjukkan duet yang diusung koalisi Gerindra dan PKS itu meraih suara terbanyak.

Wakil Ketua DPD Gerindra Jawa Barat Anggawira menyatakan, real count versi tim pemenangan Asyik merujuk pada formulir C1 dari 18.347 tempat pemungutan suara (TPS). "Dari hitungan kami pagi tadi, Asyik masih dalam posisi unggul berdasarkan C1 yang direkapitulasi secara real count," ucap Angga, Kamis (28/6).

Merujuk real count itu, duet Asyik meraih 32,7 persen suara. Sedangkan Rudwan Kamil-UU Ruhzanul, berdasar real count itu hanya mengantongi 28,2 persen suara.

Di bawahnya ada duet Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi dengan raihan 25,3 persen. Sedangkan duet TB Hasanuddin-Anton Charliyan berada di posisi juru kunci dengan 13,8 persen.

Angga menambahkan, kondisi itu nyaris sama dengan Pilgub Jabar 2013. Kala itu, duet Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki memenangi sejumlah hitung cepat.

Namun, real count versi KPUD Jabar justru memperlihatkan sebaliknya. Pemenangnya adalah duet Ahmad Heryawan - Deddy Mizwar. 

Hanya saja Angga juga mengatakan, selisih perolehan suara Asyik dan Emil-Uu masih dalam jangkauan margin of error sehingga berbagai kemungkinan bisa terjadi. "Kami juga belum bisa mengklaim yang menang, kami menunggu (hasil rekapitulasi resmi KPUD)," tegasnya.(fat/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...