Selamat, Makin Banyak Perempuan Menang Pilkada

Selamat, Makin Banyak Perempuan Menang Pilkada
Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Okky Asokawati. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Okky Asokawati memuji tren kenaikan partisipasi perempuan sebagai kontestan Pilkada Serentak 2018 dibandingkan 2017 ataupun 2015. Menurutnya, jumlah perempuan yang menjadi calon kepala daerah maupun wakilnya  di semua tingkatan mencapai 101 calon dari total 1136 kandidat. 

Okky menambahkan bila melihat data pilkada serentak sebelumnya, tren kemenangan kandidat perempuan mengalami peningkatan dari 28 persen pada  2015, menjadi 31 persen pada 2017 lalu. "Untuk pilkada serentak 2018 ini, harapan saya sejumlah kandidat perempuan akan mengalami peningkatan dari sisi kemenangan," kata Okky, Kamis (28/6). 

Merujuk data hitung cepat, dari 17 pemilihan gubernur terdapat tiga figur perempuan yang unggul. Yakni Cagub Jatim Khofifah Indar Parawansa, Cawagub Lampung Chusnunia Chalim, Cawagub Nusa Tenggara Barat (NTB) Siti Rohmi Djalilah.

"Saya menyampaikan selamat kepada para ibu yang unggul versi hitung cepat ini," ucap Okky. 

Lebih lanjut Okky menuturkan, melihat latar belakang kandidat perempuan yang muncul dalam Pilkada Serentak 2018, sebanyak 43 persen merupakan kader partai. Sedangkan 39 persen mantan anggota parlemen dan 39 persen memiliki kekerabatan dengan pimpinan partai atau kepala daerah. 

"Data itu bisa dijadikan rujukan bagi pimpinan partai politik untuk meningkatkan keterlibatan perempuan di partai politik dengan menempatkan dalam posisi penting yang tidak sekadar sebagai aksesori politik," paparnya. 

Mantan peragawati itu menambahkan, menjadi anggota legislatif baik di tingkat daerah maupun pusat merupakan pintu masuk yang efektif bagi politikus perempuan wanita untuk mengisi pos di eksekutif sebagai kepala daerah atau wakilnya.

"Kesadaran pentingnya perempuan untuk tampil di ruang publik politik harus senantiasa ditumbuhkan oleh seluruh stakeholder baik pemerintah, partai politik, termasuk kalangan perempuan sendiri," kata anggota Komisi IX DPR Fraksi PPP itu.(boy/jpnn)


Merujuk data hitung cepat, dari 17 pemilihan gubernur terdapat tiga figur perempuan yang unggul. Yakni di Pilgub Jatim, Lampung dan NTB.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News