Wiranto Ingatkan Cakada tak Terbawa Emosi Sikapi Quick Count

Wiranto Ingatkan Cakada tak Terbawa Emosi Sikapi Quick Count
Pilkada Serentak 2018. Foto: Natalia/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto berharap sejumlah calon kepala daerah (cakada) yang tertinggal dalam hitung cepat atau quick count agar tak terbawa emosi.

Semua pihak, kata dia, harus menyikapinya dengan kepala dingin. Apalagi hasil quick count hanya sementara, bukan yang sah.

"Saya ingatkan para petugas untuk mengajak pasangan calon dan pendukungnya, tokoh-tokoh politik, dan tokoh-tokoh setempat untuk tidak selalu emosional, baik yang kalah maupun yang menang," kata dia di Mabes Polri, Rabu (27/6).

Dia juga meminta pendukung calon yang menang agar jangan tenggelam dalam euforia dan yang kalah jangan kecewa berlebihan.

“Kami mengajak yang kalah dan yang menang menghadapi hasil dengan sikap-sikap yang baik, demokratis, dan ksatria," kata dia.

Lanjut dia berpesan, kalau ada yang tak sepakat dengan hasil pilkada, agar masalah tidak diselesaikan di lapangan karena soal sengketa pilkada ada wilayah hukum yang tersedia.

“Partai politik saya minta supaya tidak menyelesaikan sengketa-sengketa itu dengan cara fisik di lapangan," tandas dia. (mg1/jpnn)


Semua pihak harus menyikapinya dengan kepala dingin. Apalagi hasil quick count hanya sementara, bukan yang sah.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News