Tiga Faktor Penentu Kemenangan Khofifah-Emil versi Pengamat

Tiga Faktor Penentu Kemenangan Khofifah-Emil versi Pengamat
Pasangan calon nomor urut satu di Pilgub Jatim, Khofifah Indar Parawansa - Emil Dardak. Foto Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Politik dari Universitas Airlangga, Airlangga Pribadi Kusman mengatakan hasil quick count Pilgub Jawa Timur yang dilakukan oleh beberapa lembaga survei menunjukkan kemenangan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Estianto Dardak atas Saifullah Yusuf-Mbak Puti Guntur Soekarnoputri dengan kisaran angka 53 persen vs 46 persen.

Kemenangan tersebut terlihat dari tren dukungan suara terhadap pasangan Khofifah-Emil yang semakin lama semakin naik selama 4-5 bulan terakhir sementara di sisi lain suara Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarnoputri yang tertahan.

Hal itu diungkapkan Airlangga Pribadi menanggapi hasil quick count dari sejumlah lembaga terhadap paslon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur, Rabu (27/6).

Menurut Airlanga, ada beberapa hal yang menjadi faktor kemenangan dari pasangan Khofifah-Emil atas Gus Ipul-Puti. Pertama, strategi populisme elektoral yang dijalankan oleh Khofifah dan Emil dimana mereka langsung menyentuh lapisan terbawah dari pemilih menjadi strategi utama yang dilakukan oleh pasangan ini.

“Hal ini membuat hubungan dan identifikasi politik antara Khofifah-Emil dan pemilih bersifat langsung. Hal ini yang juga terjadi dalam strategi kemenangan pasangan Gubernur Jakarta Jokowi-Ahok pada 2012 lalu,” katanya.

Kedua, pertarungan pilgub Jawa Timur ditengah popularitas yang optimal antara Khofifah dan Saifullah Yusuf sangat ditentukan oleh perolehan dukungan yang didapat oleh wakilnya Emil Estianto vs Puti Guntur Soekarnoputri. Dalam beberapa debat yang berlangsung Emil berhasil menunjukkan dirinya sebagai figur pemimpin muda, berkapasitas, berani dan cerdas. Ini menjadi rujukan dari para pemilih di Jawa Timur.

Ketiga, satu faktor yang menentukan adalah langkah cantik dari Pakde Karwo (Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur) yang pada detik-detik terakhir melansir surat terbuka kepada masyarakat Jawa Timur untuk memilih pasangan KIP-Emil dengan pertimbangan kapasitas calon. Basis dukungan Pakde yang masih kuat baik dikalangan basis Mataraman maupun Kyai ikut memberikan kontribusi suara kepada pasangan Khofifah-Emil Dardak.

“Untuk pasangan Khofifah-Emil Dardak saat ini adalah waktu yang tepat untuk memberikan sambutan terima kasih kepada warga Jawa Timur dan mengajak kepada pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarnoputri untuk bersatu bersama membangun Jawa Timur,” kata Airlangga yang juga CEO Initiative Institute ini.

Menurut Airlangga Pribadi Kusman, ada beberapa hal yang menjadi faktor kemenangan dari pasangan Khofifah-Emil atas Gus Iful-Puti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News