Dunia Memuji Sistem Demokrasi Indonesia

Dunia Memuji Sistem Demokrasi Indonesia
Pemilu 2019. Foto ilustrasi: batampos/jpg

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, sistem demokrasi di Indonesia mendapat pujian dari negara-negara internasional.

Hal itu terungkap saat Moeldoko mewakili Presiden Joko Widodo di ajang Open Government Partnership (OGP) Global Summit di Georgia, beberapa waktu lalu.

Moeldoko bercerita tentang keberhasilan Indonesia menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di 171 wilayah secara serentak.

“Mereka terheran-heran, Indonesia sebagai negara yang sangat besar dan sangat plural, baru saja selesai pilkada serentak di daerah sebanyak itu,” kata Moeldoko, Jumat (3/4).

Sejauh ini, menurutnya, demokrasi di Indonesia dianggap sudah cukup matang.

Sebab, dia menganggap, tidak ada konflik horizontal yang muncul, meski persaingan antara masing-masing kubu politik terjadi cukup ketat.

"Perlu negara lain melihat Indonesia. Model seperti ini sangat menarik untuk negara-negara OGP,” kata dia.

Sementara Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini menilai, keberhasilan demokrasi Indonesia karena perilaku elite politik menjaga suhu dalam negeri. Apalagi figur yang menjadi capres dan cawapres nanti.

Indonesia adalah negara populasi muslim terbesar yang paling demokratis di dunia dan sudah patut menjadi contoh bagi negara lain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News