Gunung Agung Tenang, Makin Banyak Wisman Datang

Gunung Agung Tenang, Makin Banyak Wisman Datang
BERJEMUR: Turis asing sedang berjemur di Pantai Kuta, Bali. Foto: Radar Bali

jpnn.com, DENPASAR - Tingkat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Bali yang sempat turun mulai menunjukkan tanda-tanda pulih. Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali mencatat jumlahwisman ke Pulau Dewata itu pada Februari lalu mencapai 452.423 kunjungan.

Jumlah itu mengalami kenaikan 26,35 persen dibanding bulan sebelumnya dengan 358.065 kunjungan. Namun, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, angkanya mengalami penurunan 0,34 persen.

Ketua Asosiasi Biro Perjalanan Wisata (Asita) Bali Ketut Ardana mengungkapkan, peningkatan kunjungan yang terjadi antara Januari dan Februari tahun ini lantaran kepercayaan wisman berangsung puluh. Sebelumnya wisman khawatir untuk mengunjungi Bali karena erupsi Gunung Agung.

“Jadi kepercayaan terhadap Bali mulai terbangun. Ini menjadi sinyal positif bagi kebangkitan sektor pariwisata Bali,” ujarnya seperti diberitakan Radar Bali.

Ardana menambahkan, jika kunjungan wisman Februari tahun ini dibandingkan periode yang sama pada 2017, maka angkanya mestinya meningkat. Tapi, erupsi Gunung Agung memang berdampak signifikan terhadap pariwisata Bali.

“Kalau tidak ada kondisi Gunung Agung saya yakin meningkat dari tahun sebelumnya. Tapi, kalau secara kumulatif kunjungan tahun ini optimistis bisa melebihi dari tahun sebelumnya,” bebernya.(rb/zul/mus/mus/JPR)


Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang mengunjungi Bali pada Februari lalu mencapai 452.423 kunjungan atau naik signifikan dibanding Januari.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News