Gunung Marapi Sumbar Erupsi, Masyarakat Diimbau Tetap Tenang

Gunung Marapi Sumbar Erupsi, Masyarakat Diimbau Tetap Tenang
Gunung Marapi di Sumatera Barat terekam mengalami erupsi dan melontarkan abu setinggi 300 meter pada Sabtu (7/1) pagi tadi pukul 06.11 WIB. Foto: ANTARA/HO-PVMBG

jpnn.com, JAKARTA - Gunung Marapi di Sumatera Barat (Sumbar) erupsi pada Sabtu pukul 06.11 WIB.

Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan mengimbau masyarakat agar tetap tenang.

"Masyarakat diharapkan tetap tenang dan tidak panik, namun, perlu tetap meningkatkan kesiapsiagaan," kata Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kemenko PMK Sudirman, Sabtu.

Masyarakat juga perlu tetap memantau informasi dan mengikuti rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) untuk tidak beraktivitas dalam radius tiga kilometer dari kawah atau puncak. 

Dia juga menekankan pentingnya kesiapsiagaan untuk mengantisipasi peningkatan status dan dampak erupsi.

"Seluruh instansi terkait agar terus meningkatkan kesiapsiagaan dalam rangka mengantisipasi peningkatan status dan dampak dari erupsi," kata Sudirman.

Jika dipandang perlu dan ada pertimbangan teknis dari instansi teknis, kata dia, pemerintah daerah dapat menetapkan status bencana.

Kemenko PMK juga berharap langkah antisipasi dapat dilakukan dengan lebih optimal mengingat kondisi Gunung Marapi yang jauh dari permukiman.

PVMBG melaporkan adanya aktivitas erupsi pada Sabtu pukul 06.11 WIB berupa lontaran kolom abu setinggi 300 meter di Gunung Marapi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News