Gunung Marapi Sumbar Meletus Hari Ini

Gunung Marapi Sumbar Meletus Hari Ini
Gunung Marapi, Sumatera Barat, mengalami erupsi pada Kamis siang (12/1/2023). (ANTARA)

jpnn.com, BUKITTINGGI - Gunung Marapi kembali erupsi pada hari ini, Kamis (12/1). Ketinggian lontaran abu mencapai satu kilometer dari puncak.

Gunung yang berada di Sumatera Barat erupsi pertama kali aktif pada Sabtu (7/1).

"Telah terjadi erupsi Gunung Marapi, Sumatera Barat pada tanggal 12 Januari 2023 pukul 10:58 WIB dengan tinggi kolom abu teramati lebih kurang 1.000 meter di atas puncak," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Marapi Teguh Purnomo di Bukittinggi, Kamis.

Lontaran erupsi itu terlihat jelas dari Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam karena Gunung Marapi tidak terhalang kabut dan awan pada siang ini.

"Ketinggiannya sama dengan 3.891 meter di atas permukaan laut, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan tenggara," katanya.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 5.1 mm dan durasi lebih kurang 3 menit 4 detik.

Gunung Marapi masih berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi masyarakat di sekitar dilarang mendekat hingga radius tiga kilometer dari puncak.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan Gunung Marapi, Sumatera Barat mengalami ratusan kali erupsi dalam waktu lima hari sejak Sabtu (7/1) hingga Rabu (11/1).

Aktivitas vulkanik Gunung Marapi, Sumatera Barat terus meningkat. Status level waspada.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News