Gunung Merapi Bergemuruh, Slamet Meletus

Gunung Merapi Bergemuruh, Slamet Meletus
Gunung Merapi Bergemuruh, Slamet Meletus

jpnn.com - JAKARTA - Gunung Merapi yang berada di wilayah Jateng-DIY, siang ini (27/3) ini membikin masyarakat sekitar terhenyak.

Gunung api yang sangat aktif itu pada pukul 13.03-13.27 wib tadi mengalami peningkatan aktivitas seismisitas.

"Pada pukul 13.14 wib terjadi hembusan mengeluarkan abu. Hembusan karena adanya pelepasan gas. Saat terjadi hembusan kondisi puncak tertutup awan. Sebelumnya terjadi suara gemuruh. Masyarakat merasakan guncangan," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Kamis (27/3).

Namn, lanjutnya, pada pukul 13.30 wib kondisi sudah normal kembali. Hujan abu terjadi di beberapa tempat seperti di Manisrenggo, Karangnongko (Klaten), Deles, Tegalmulyo dan Tlogowatu.  

"Status gunung Merapi tetap Normal Aktif (level I). Saat ini kondisi masyarakat normal. Masyarakat diimbau tetap tenang," ujarnya.

Sementara itu Gunung Slamet, kata Sutopo, masih terjadi gempa-gempa hembusan dan letusan. Namun tidak menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Teramati 10 kali letusan dengan asap berwarna kelabu tebal. Tinggi sekitar 300-800 meter ke arah timur. Gempa hembusan asap sebanyak 75 kali. Status Waspada (level II).

"Masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas di  radius 2 km. Diimbau tetap tenang," pungkasnya. (sam/jpnn)

 

JAKARTA - Gunung Merapi yang berada di wilayah Jateng-DIY, siang ini (27/3) ini membikin masyarakat sekitar terhenyak. Gunung api yang sangat aktif


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News