Gunung Papandayan Turun Status

Gunung Papandayan Turun Status
Gunung Papandayan Turun Status
DIPONEGORO- Setelah berstatus siaga, akhirnya Gunung Papandayan turun status menjadi waspada. Penurunan status itu setelah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi menurunkan status gunung berketinggian 2.665 mdpl.

“Jadi bagi yang akan menghabiskan weekend di Garut. Aktifitas Gunung Papandayan tidak perlu khawatir lagi karena aktifitas Gunung Papandayan cenderung turun. Makanya status Gunung Papandayan diturunkan dari siaga menjadi waspada," kata Kepala Bidang Pengamatan Gunung Api PVMBG Badan Geologi, Hendrasto.

Indikasi turunnya aktifitas Gunung Papandayan didasarkan kepada tingkat kegempaan yang terus berkurang. Saat ini kegempaan yang terjadi berkisar antara 20 kali-25 kali setiap harinya. Gempa vulkanik yang hanya terekam oleh seismograf turun dari yang sebelumnya bisa mencapai lebih dari 40 kali setiap harinya.

Penurunan status menjadikan radius yang dinyatakan tertutup adalah 1 km dari puncak.  Kendati demikian, Hendrasto tetap meminta pengunjung yang mendekati puncak untuk selalu waspada. Diimbau pengunjung tidak menginjak tanah hingga ke kawah. Alasannya, lapisan tanah di kawah merupakan tanah lunak yang sewaktu-waktu bisa amblas jika diinjak.

DIPONEGORO- Setelah berstatus siaga, akhirnya Gunung Papandayan turun status menjadi waspada. Penurunan status itu setelah Pusat Vulkanologi dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News