Gunung Semeru Erupsi 3 Kali, Ketinggian Letusan Capai 600 Meter

Gunung Semeru Erupsi 3 Kali, Ketinggian Letusan Capai 600 Meter
Gunung Semeru. Foto: Antara

jpnn.com, LUMAJANG - Gunung Semeru tercatat erupsi tiga kali pada Minggu (21/4) dengan ketinggian letusan 600 meter di atas puncak.

Gunung dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu erupsi pada pukul 07.44 WIB, 07.47 WIB, dan 10.53 WIB.

"Erupsi Gunung Semeru pada pukul 07.44 WIB. Tinggi kolom letusan teramati sekitar 300 meter di atas puncak atau 3.976 meter di atas permukaan laut (mdpl)," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru, Liswanto dalam laporan tertulisnya di Lumajang.

Menurutnya, kolom abu vulkanik teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah selatan. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung.

Kemudian gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut kembali erupsi pada pukul 07.47 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 600 meter di atas puncak atau 4.276 meter di atas permukaan laut.

"Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah selatan. Saat laporan itu dibuat, erupsi masih berlangsung," katanya.

Pada pukul 10:53 WIB kembali erupsi Gunung Semeru, namun visual letusan tidak teramati. Saat laporan itu dibuat, erupsi masih berlangsung.

Gunung Semeru masih berstatus Siaga atau Level III, sehingga pihak PVMBG memberikan rekomendasi agar masyarakat tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).

Kolom abu vulkanik teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah selatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News