Gunung Sinabung Luncurkan Lava Pijar Jumat Malam, Menuju Timur dan Tenggara

Gunung Sinabung Luncurkan Lava Pijar Jumat Malam, Menuju Timur dan Tenggara
Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara kembali erupsi dengan meluncurkan guguran awan panas disertai lava pijar sejauh dua kilometer. Foto: Antara

jpnn.com, KARO - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, kembali erupsi dengan meluncurkan guguran awan panas disertai lava pijar sejauh dua kilometer.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Sinabung, Armen Putra, Sabtu, mengatakan erupsi terjadi pada Jumat malam (12/2).

Luncuran lava pijar terpantau menuju timur dan tenggara Gunung Sinabung.

Selain itu, guguran awan panas sejauh 1 km juga terpantau ke arah timur, tenggara, dan selatan Gunung Sinabung. Guguran awan panas ini tercatat dengan amplitudo 120 mili meter dengan durasi gempa selama 159 detik.

"Cuaca mendung dan angin bertiup lemah hingga sedang ke arah timur dan tenggara. Suhu udara 17-23 derajat celcius," ujar Armen

Saat ini Gunung Sinabung yang ketinggiannya mencapai 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl) berada pada status Level III (Siaga).

Dia mengimbau warga maupun petani untuk tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta di lokasi di dalam radius 3 km dari puncak gunung. Selanjutnya radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," pungkas dia.(antara/jpnn)

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, kembali erupsi dengan meluncurkan guguran awan panas disertai lava pijar sejauh dua kilometer. Luncuran lava pijar terpantau menuju timur dan tenggara Gunung Sinabung.


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News