Gunungan Sampah Liar di Bantaran Kali Cikeas Bakal Disulap Jadi Wisata Rafting

Gunungan Sampah Liar di Bantaran Kali Cikeas Bakal Disulap Jadi Wisata Rafting
Pengangkutan sampah di TPS liar, bantaran Kali Cikeas, Jatirangga, Kota Bekasi, Sabtu (12/8). Foto: Dean Pahrevi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ratusan warga membersihkan sekitar 500 ton sampah yang menggunung di bantaran Kali Cikeas, wilayah RW 10, Kelurahan Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bekasi, Sabtu (12/8).

Lurah Jatirangga Ahmad Apandi mengatakan sampah tersebut sudah ada di wilayah itu sejak 2013 dan kondisinya lalu menggunung. 

Awalnya pihak pengelola memanfaatkan sampah dalam bentuk bank sampah. Namun, ternyata pengelolaan tidak berjalan baik sehingga menjadi gunungan sampah.

"Awalnya masyarakat ingin mengelola sampah, bentuknya bank sampah, hanya saja mereka belum teredukasi, dan proporsional dan sampah yang dipilah itu bisa mereka manfaatkan dan sisanya dibuang ke TPA, tetapi pada kenyataannya terjadi penumpukan yang luar biasa," kata Apandi kepada wartawan.

Ratusan warga membersihkan sekitar 500 ton sampah yang menggunung di bantaran Kali Cikeas, wilayah RW 10, Kelurahan Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bekasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News