Guru Besar IPB Ajak Mahasiswa Polbangtan jadi Pengusaha, Lebih Menjanjikan

Guru Besar IPB Ajak Mahasiswa Polbangtan jadi Pengusaha, Lebih Menjanjikan
Guru Besar IPB Hermanto Siregar mengajak mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan untuk menjadi pengusaha muda secara mandiri di sektor pertanian. ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar IPB Hermanto Siregar mengajak mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan untuk menjadi pengusaha muda secara mandiri di sektor pertanian.

Caranya, kata dia, mahasiswa bisa menggunakan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian yang dibuka secara luas sebagai akses permodalan.

"Di polbangtan itu semua mata kuliahnya sudah tersistematis dengan baik sehingga kalau sudah lulus nanti mereka tinggal meneruskannya menjadi pengusaha," ujar Hermanto di Kampus Polbangtan Medan, Jumat (3/5).

Menurut Hermanto, bunga KUR yang tidak lebih dari 3 persen sangat menguntungkan posisi petani dalam memulai usaha.

Bunga sekecil itu, ungkap dia, tidak akan pernah ada jika petani mengambil jalur perkereditan konvensional diluar program pemerintah.

"Saya kira KUR dengan bunga 3 persen itu murah sekali ya. Sekali lagi kalau temen-teman mau menjadi pengusaha akseslah kur yang ada sekarang ini," katanya.

Hermanto berpendapat, keberhasilan suatu negara sangat ditentukan oleh karakter generasi mudanya.

Nah, salah satu karakter yang mendorong pertumbuhan ekonomi negara adalah tangan kreatif anak muda yang bulat ingin menjadi pengusaha.

Guru Besar IPB Hermanto Siregar mengajak mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan untuk menjadi pengusaha muda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News