Guru Besar IPB: Teknologi Pertanian Indonesia Makin Maju

Guru Besar IPB: Teknologi Pertanian Indonesia Makin Maju
Mentan Syahrul Yasin Limpo saat melihat alsintan. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Ilmu Ekonomi IPB, Profesor Muhammad Firdaus mengatakan bahwa teknologi pertanian Indonesia saat ini terus mengalami perkembangan yang jauh lebih baik.

Sistem tersebut bisa dilihat melalui ruang data agriculture war room (AWR) yang dikendalikan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mempercepat arus informasi teknologi budidaya, masa tanam dan panen, monitoring pasar, sistem produksi dan lain sebagainya.

"Saya kira di Indonesia itu teknologinya sudah makin maju, bahkan di Kementan sendiri sudah sangat progres. Ini kan sangat luar biasa sekali," kata Firdaus dalam ngobrol online, Jumat (30/4).

Pemerintah juga sudah mempersiapkan sistem produksi padi dengan sangat baik, yakni dengan menghadirkan bibit unggul dan sitem pengendalian hama.

Kedua sistem itu bisa dilihat dalam program food estate yang kini menunjukan perkembangan dan kemajuan di tiga provinsi.

"Semuanya bisa dikatakan sebagai program yang sangat baik," kata Firdaus.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam beberapa kesempatan mengatakan bahwa perkembangan modernisasi pertanian saat ini terus dilakukan secara merata di seluruh pelosok Indonesia.

"Saya ingin kita sama-sama mengulas apa saja yang sudah kita lakukan untuk menarik generasi muda terjun ke pertanian. Kemudian Inovasi apa yang juga sudah kita terapkan di lapangan," ujarnya.

Teknologi pertanian Indonesia saat ini terus mengalami perkembangan yang jauh lebih baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News