Guru Besar Unpad Berbagi Tips Melewati Masa Sulit Akibat COVID-19

Guru Besar Unpad Berbagi Tips Melewati Masa Sulit Akibat COVID-19
Ilustrasi Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran Prof Yuke Roosjati Siregar berbagi tips sederhana untuk melewati masa sulit selama pandemi COVID-19.

Dia menyebut peran keluarga sangat penting sebagai pondasi utama bagi tiap individu.

Menurut Prof Yuke, keluarga tangguh mampu mengembangkan diri sebagai suatu kesatuan.

Selain itu, juga saling memahami kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing anggota keluarga serta memberdayakannya dengan optimal dalam komunikasi yang sehat.

"Ini bisa mendorong penguatan terhadap isu ketangguhan keluarga, juga bagaimana proses perubahan cara dan strategi yang harus dilakukan oleh keluarga untuk menghadapi dan mengatasi masa sulit ini," ujar Prof Yuke dalam siaran pers Himpunan Psikologi Indonesia wilayah DKI Jakarta Raya, Minggu (11/7).

Prof Yuke menjelaskan, keluarga berperan penting dalam membangun generasi yang cerdas dan emosi positif.

Keluarga juga berperan membangun keterampilan sosial, teknologi, adaptif dan nilai melalui proses pendidikan CINTA (contoh, iklim, nilai, tanggung jawab dan asih) selama pandemi ini.

Dekan Fakultas Psikologi Universitas Pelita Harapan Yonathan Aditya Goei menilai penguatan religiusitas melalui agama bisa menjadi solusi di dalam keluarga untuk memperkuat diri melalui ikhtiar dan doa.

Guru Besar Universitas Padjajaran berbagai tips sederhana untuk dapat melewati masa sulit selama COVID-19.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News