Guru BK Tak Sekadar Urusi Siswa Nakal

Guru BK Tak Sekadar Urusi Siswa Nakal
Guru BK Tak Sekadar Urusi Siswa Nakal
BANJARMASIN – Peran guru Bimbingan Konseling (BK) jangan disepelekan dan jangan dipersepsikan secara keliru. Guru BK tidak semata-mata mengurusi anak-anak bermasalah, namun juga mendorong agar siswa berprestasi.

"Karena ada kecenderungan salah persepsi terhadap keberadaan guru bimbingan konseling, membuat fungsi guru BK hanya sebagai guru-guru untuk anak-anak bermasalah," ujar Hermanto Dwi Atmoko dari Global Konseling, saat menjadi pembicara pada seminar peningkatan profesionalitas guru BK yang digelar LP3I, di Banjarmasin.

Dijelaskan, sebenarnya keberadaan guru BK adalah untuk mendukung prestasi belajar anak. "Sehingga guru jangan hanya fokus pada anak bermasalah yang selama ini selalu diserahkan ke guru BK, tapi juga fokus pada anak-anak lain untuk meningkatkan prestasinya," terangnya.

Ditambahkan Hermanto, kalau guru BK hanya mengurusi anak bermasalah, maka akan sulit untuk mengembangkan prestasi anak, sementara anak-anak lainnya juga perlu perhatian.  “Untuk itulah, lewat kegiatan seminar tentang guru BK, kami ingin memberikan informasi yang benar tentang fungsinya, sehingga mereka yang ikut seminar bisa semakin mengaplikasikan dirinya untuk pengembangan prestasi anak. Sehingga anak-anak didiknya bisa semakin meningkat prestasi belajar,” terangnya.

BANJARMASIN – Peran guru Bimbingan Konseling (BK) jangan disepelekan dan jangan dipersepsikan secara keliru. Guru BK tidak semata-mata mengurusi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News