Guru Honorer Boleh Mendaftar PPPK 2021 di Daerah Lain

Guru Honorer Boleh Mendaftar PPPK 2021 di Daerah Lain
Guru honorer. Ilustrasi. Foto: dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pendaftaran CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2021 rencananya dibuka pekan ketiga Mei.

Jika dalam rekrutmen PPPK 2019, honorer K2 hanya bisa mendaftar di daerahnya sendiri, sehingga mengakibatkan banyak yang tidak bisa mendaftar karena daerahnya tidak membuka rekrutmen. 

Nah, tahun ini pemerintah mengubah mekanisme tersebut sehingga membuka peluang lebih banyak untuk honorer.

"Mas Menteri (Nadiem Makarim) beberapa kali sudah menyampaikan kebijakan pemerintah dalam rekrutmen guru PPPK 2021, salah satunya terkait pendaftaran," kata Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Iwan Syahril, Senin (3/5).

Dia menyebutkan, rekrutmen guru PPPK ini terbuka untuk seluruh guru honorer.

Tidak ada perbedaan antara guru honorer tua, muda, sekolah negeri maupun swasta. Semuanya bisa ikut selama memenuhi persyaratan.

"Mas Menteri sampaikan, rekrutmen guru PPPK tidak lagi dibedakan mana honorer K2, nonkategori. Semuanya bisa mendaftar karena formasinya banyak," ucapnya

Kebijakan lainnya, lanjut Iwan, guru honorer yang di daerahnya tidak membuka rekrutmen PPPK, bisa mendaftar di daerah lainnya. Ini seperti model rekrutmen CPNS yang bisa memilih daerah walaupun berbeda dengan domisili.

Kemendikbudristek memberikan kesempatan guru honorer mendaftar di daerah lainnya bila di daerahnya tidak buka rekrutmen PPPK

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News