Jelang Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021, Guru Agama Honorer Makin Gelisah

Jelang Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021, Guru Agama Honorer Makin Gelisah
Ilustrasi rekrutmen CPNS dan pendaftaran PPPK 2021 .Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menjelang pendaftaran CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), ratusan ribu guru agama honorer gelisah.

Persoalannya, hingga saat ini formasi tambahan 27.303 belum tersampaikan ke masing-masing daerah. Padahal rekrutmen CPNS dan PPPK 2021 rencananya digelar pekan ketiga Mei ini.

"Kawan-kawan resah mengapa belum ada tanda-tanda formasi tambahan itu direalisasikan. Daerah masih menunggu surat resmi dari pusat," kata Budiman, pengurus DPP Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) kepada JPNN.com, Senin (3/5).

Dia mengatakan seluruh pengurus AGPAII sudah melakukan pengecekan di masing-masing Kanwil Kementerian Agama. Sayangnya mereka belum mendapatkan kabar baiknya.

Budiman dan kawan-kawan pun khawatir sampai pendaftaran dibuka nanti, ternyata formasi tambahannya tidak ada.

"Kami hanya dikasih tahu formasi PPPK yang sudah pasti 9.465. Tetapi itu untuk honorer K2, sisa rekrutmen PPPK 2019," ucapnya.

Budiman menduga formasi tambahan untuk guru agama belum terakomodir dalam CPNS dan PPPK 2021. Oleh karena itu dia meminta pemerintah memberikan kepastian agar nasib ratusan guru agama honorer tidak menggantung.

Sebelumnya Direktur Pendidikan Agama Islam Kemenag Rohmat Mulyana menyebut pemerintah sudah menetapkan formasi tambahan untuk guru agama sebanyak 27.303.

Sebanyak 27.303 formasi tambahan guru agama Kemenag belum didistribusikan ke daerah, padahal Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 makin dekat.

SPONSORED CONTENT

loading...