Guru Honorer Gagal CPNS Minta Sertifikasi

Guru Honorer Gagal CPNS Minta Sertifikasi
Guru Honorer Gagal CPNS Minta Sertifikasi

jpnn.com - SLAWI –  Aksi para tenaga honorer kategori dua (K2) terus bermunculan di daerah. Kemarin, sekitar 600 honorer K2 yang gagal, menggeruduk Pemkab Tegal untuk minta kejelasan status kepada Bupati Tegal.

Kedatangan para honorer K2 itupun ditemui Bupati Tegal Enthus Susmono, Wakil Bupati Tegal Umi Azizah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Retno Suprobowati, Kepala Dikpora Edy Pramono, dan Kepala Bappeda Hermanto, di Pendapa Kabupaten Tegal.

Dalam audensi itu, Ratna, salah seorang guru honorer di wilayah Dikpora Kecamatan Suradadi mempertanyakan tentang statusnya ke depan. Sebab, dengan adanya Undang-Undang (UU) Aparatur Sipil Negara (ASN) mereka mengaku khawatir.

”Status kami nantinya bagaimana? Apakah bisa menjadi PTT atau menjadi apa?,” tanya Ratna pada saat audensi bersama bupati Tegal di pendapa Kabupaten Tegal.

Selain mempertanyakan tentang status, pada kesempatan itu, ada pula yang mempertanyakan tentang sertifikasi. Sebab, ada rumor jika guru honorer di sekolah negeri yang memiliki SK Bupati bisa mengikuti sertifikasi. Karena itulah, mereka meminta kepada bupati agar berkenan memberikan SK terhadap guru sekolah negeri yang statusnya masih honorer.

”Harapannya, supaya bisa sertifikasi, meski tidak masuk CPNS,” cetus Agus, salah seorang guru dari sekolah negeri di Balapulang.

Menanggapi pertantaan itu, Kepala BKD Pemkab Tegal Retno Suprobowati mengaku belum tahu status bagi honorer K2 yang tidak lolos seleksi CPNS. Menurut dia, semuanya itu harus menunggu Peraturan Pemerintah (PP) sebagai penjabaran UU ASN.

Pihaknya mengaku tidak bisa menjanjikan honorer K2 yang tidak lolos. Namun demikian, pada prinsipnya, pemda akan meningkatkan kesejahateraan bagi honorer tersebut.

SLAWI –  Aksi para tenaga honorer kategori dua (K2) terus bermunculan di daerah. Kemarin, sekitar 600 honorer K2 yang gagal, menggeruduk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News