Guru PNS Bolos, Ratusan Murid SD Telantar

Guru PNS Bolos, Ratusan Murid SD Telantar
Guru PNS Bolos, Ratusan Murid SD Telantar
LANGSA-Sejumlah guru PNS Sekolah Dasar (SD) Gampoeng Alue Punti, Kecamatan Rantau Seulamat, Aceh Timur sejak dua bulan terakhir bolos mengajar. Akibatnya ratusan murid telantar karena aktifitas belajar mengajar tidak berjalan optimal, Selasa (20/12).

Kepada Metro Aceh (group JPNN), Ketua Komite Sekolah SD Negeri Alue Punti, Mukhtar (43) di Kota Langsa menerangkan, bolosnya guru PNS SD tersebut dikarenakan mereka tidak mau naik ke Alue Punti dari pusat kecamatan yang berjarak lebih kurang 19 KM. Ini disebabkan, jalan menuju sekolah rusak parah dan berlumpur.

“Selama guru PNS bolos, anak-anak kami disana belajar dengan mengandalkan jasa guru bakti berjumlah dua orang. Itupun tidak maksimal, karena guru bakti ini juga memiliki pekerjaan lain untuk memenuhi kebutuhannya. Sehingga dari satu minggu sekolah, paling aktif 2-3 hari saja, selebihnya libur,” ungkap Mukhtar.

Menurut Mukhtar, semua ini karena sikap kepala sekolah yang tidak tegas. Kepala sekolah juga jarang masuk kantor sehingga sikap itu diikuti oleh bawahannya yang PNS. Lanjutnya, akibat aktifitas belajar mengajar tidak normal tersebut beberapa orang tua terpaksa memindahkan anak-anaknya ke sekolah lain diluar kampung mereka. “Sangat kita sayangkan kondisi ini bila terus berlanjut, maka hak anak-anak kami untuk mendapatkan pendidikan jadi hilang,” keluhnya.

LANGSA-Sejumlah guru PNS Sekolah Dasar (SD) Gampoeng Alue Punti, Kecamatan Rantau Seulamat, Aceh Timur sejak dua bulan terakhir bolos mengajar. Akibatnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News