Gus Halim Dukung BUMDesa yang Hidupkan Permainan Tradisional Lewat Unit Usaha

Gus Halim Dukung BUMDesa yang Hidupkan Permainan Tradisional Lewat Unit Usaha
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar meninjau BUMDesa Bangun Sejahtera Desa Bojasari Kecamatan Kertek Wonosobo, Kamis (13/4). Foto: Dokumentasi Kemendes PDTT

jpnn.com, WONOSOBO - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mendukung Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) yang mempunyai unit usaha menghidupkan permainan tradisional.

Menurutnya, memfasilitasi permainan tradisional merupakan salah satu unit usaha unik untuk mengingatkan kembali kenangan masa kecil sekaligus melestarikan budaya tradisional desa sebagai bagian dari pembangunan desa.

"Apalagi kalau permainan itu dekat dengan budaya. Jadi, nostalgianya dapat, pembangunan desanya juga bisa terarah," kata menteri yang akrab disapa Gus Halim saat mengunjungi BUMDesa Bangun Sejahtera Desa Bojasari, Kecamatan Kertek, Wonosobo, Jawa Tengah, Kamis (13/4).

BUMDesa Bangun Sejahtera memiliki beberapa unit usaha, antara lain Ayodya Sports & Edutainment Center yang terdiri dari gelanggang renang, eco-learning space, sewa gedung, katering, dan event organizer.

BUMDesa ini juga telah berhasil membuka lapangan kerja. Sedikitnya ada tujuh pegawai yang direkrut dengan gaji UMR.

Selain unit usaha, ada beberapa kegiatan yang dilangsungkan dan menarik perhatian masyarakat, di antaranya Ayodya Sunday Morning, mancing mania, lomba renang, festival balon udara, kompetisi bulu tangkis, kompetisi sepak bola, dan kompetisi bola voli.

Terkait dengan sejumlah unit usaha dan event yang berhasil digelar, Gus Halim mengapresiasi atas kerja keras seluruh pengurus BUMDesa.

Dalam kesempatan tersebut, diserahkan bantuan sebesar Rp 75 juta dengan harapan unit usaha BUMDesa Bangun Sejahtera terus meningkat.

BUMDesa Bangun Sejahtera Desa Bojasari unit lantaran menghidupkan permainan tradisional lewat unit usahanya, Gus Halim sampaikan hal ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News