Gus Halim Minta Kada Genjot Penyaluran BLT Dana Desa

Gus Halim Minta Kada Genjot Penyaluran BLT Dana Desa
Ilustrasi - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) menggugah kepedulian para kepala daerah di seluruh Indonesia.

Dia mengimbau agar para kepala daerah menggenjot penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa dan Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

Gus Halim juga berharap penyaluran BLT Dana Desa dan PKTD dilakukan sesuai mekanisme yang ada, sehingga tepat sasaran.

Menurut Gus Halim, BLT Dana Desa dan PKTD sangat dibutuhkan masyarakat desa menghadapi pandemi COVID-19 yang belum juga berakhir.

Kedua jenis bantuan tersebut menurutnya disalurkan agar dapat digunakan untuk menopang peningkatan daya beli dan peningkatan konsumsi petani.

"BLT Dana Desa menjadi supporting (pendukung) DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) sehingga keberadaannya hadir karena Covid-19," ujar Gus Halim saat menjadi pembicara di Klik Indonesia Petang TVRI, Selasa (20/7).

Doktor Honoris Causa dari UNY ini lebih lanjut mengatakan, sasaran utama Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT Dana Desa dan PKTD adalah keluarga yang terdampak Covid-19.

Selain itu, masyarakat desa yang kehilangan mata pencaharian, serta mereka yang belum termasuk dalam DTKS dan miliki anggota keluarga yang berpenyakit kronis menahun.

Gus Halim meminta kepala daerah menggenjot penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News