Gus Halim Optimistis Pemekaran Papua akan Mempercepat Kesejahteraan dan Perdamaian

Gus Halim Optimistis Pemekaran Papua akan Mempercepat Kesejahteraan dan Perdamaian
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menerima audensi Pj Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano (kanan) di kantor Kemendes PDTT, Jakarta, Selasa (15/11). Foto: Dokumentasi Humas Kemendes PDTT

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar optimistis peresmian tiga provinsi atau daerah otonomi baru (DOB) di Papua akan mempercepat pemerataan pembangunan dan perdamaian di Bumi Cendrawasih.

Menteri yang akrab disapa Gus Halim ini juga meyakini dengan pemekaran provinsi, masyarakat Papua akan lebih sejahtera, karena bisa memperpendek rentang kendali pelayanan pemerintah.

"Harapannya tidak perlu ada konflik antara pegunungan sama pesisir. Kemarin kan selalu begitu. Sekarang sudah punya kekuasaan sendiri, punya wilayah sendiri jadi enggak perlu berebut," ujar Gus Halim ini saat audiensi dengan penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey di Jakarta, Selasa (15/11).

Selain itu, lanjut Gus Halim, kepala daerah di masing-masing wilayah bisa semakin fokus pada perbaikan kesejahteraan masyarakat sehingga penyelesaian konflik maupun kesalahpahaman akan lebih mudah terselesaikan.

"Ya mudah-mudahan bisa lebih kondusif. Penanganan masalah juga bisa lebih mudah karena sendiri-sendiri," harap Gus Halim.

Senada juga diyakini Pj Wali Kota Frans Pekey yang menyebutkan bahwa tiga provinsi tambahan tersebut merupakan wujud perhatian pemerintah terhadap Papua.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Jayapura ini juga mengucapkan terima kasih kepada Gus Halim atas dana desa yang sudah tersalurkan serta keberadaan pendamping desa.

“Sekarang kelihatan mana lokasinya, siapa yang tanggung jawab. Terima kasih kami dapat dana desa. Pendampingannya juga sudah ada, ada pendamping,” kata Frans.

Gus Halim optimitis pemekaran Papua akan mempercepat kesejahteraan melalui pemerataan pembangunan dan perdamaian di Bumi Cendrawasih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News