Gus Halim Sebut PPKM Mikro Ampuh Hentikan Penularan Covid-19

Gus Halim Sebut PPKM Mikro Ampuh Hentikan Penularan Covid-19
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar memaparkan perkembangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro di level Desa. Foto: Kemendes

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar memaparkan perkembangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro di level Desa.

Halim Iskandar menerangkan lima poin pernyataan Presiden Joko Widodo soal Penanganan Pandemi Covid-19 Terkini yaitu Pemerintah Putuskan PPKM Mikro masih menjadi kebijakan paling ampuh hentikan laju penularan Covid-19 hingga ke tingkat Desa tanpa mematikan ekonomi rakyat.

"Gubernur, bupati dan wali kota kembali meneguhkan komitmen untuk pertajam penerapan PPKM," kata Halim Iskandar.

Kepala daerah diminta optimalkan posko-posko Covid-19 yang terbentuk di wilayah desa atau kelurahan untuk mendorong kedisiplinan masyarakat menerapkan 3M dan menguatkan 3T.

Vaksin, Kata Halim Iskandar, merupakan upaya terbaik yang tersedia dalam mencapai kekebalan komunitas untuk mengatasi pandemi Covid-19.

"Jangan ada yang menolak vaksin dan berdiam diri di rumah jika tidak ada kebutuhan yang mendesak," kata Gus Halim, sapaan akrabnya.

Gus Halim mengatakan hingga 24 Juni 2021, Dana Desa yang digunakan untuk penanganan Covid-19 mencapai Rp 3.873.756.805.641.

Dia menyebut pos Relawan telah berdiri di 30.420 Desa dan sebanyak 17.283 desa telah miliki ruang isolasi dengan ketersediaan tempat tidur mencapai 43.772 unit.

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar memaparkan perkembangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro di level Desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News